Berita

Pengalaman Unik dan Membanggakan yang Hanya Dapat Dicicipi Oleh Anak SMK

Sejak dari seleksi masuk sampai dengan lulus anak SMK mengalami apa yang nggak dialami anak SMA. Misalnya, memilih jurusan sejak seleksi masuk dan kewajiban menjalani Praktik Industri. Katanya, apa yang mereka alami tak semanis cerita anak SMA lho!

Berikut ini beberapa pengalaman unik dan membanggakan yang hanya bisa dirasakan oleh anak SMK.

1. Belum juga mulai sekolah, sudah harus memilih jurusan.

Jika anak SMA menentukan jurusan saat kenaikan kelas XI, anak SMK sudah harus melakukannya di awal proses pendaftaran. Kamu dihadapkan pilihan yang nggak gampang: milih jurusan yang akan menjadi hidupmu 3 tahun kedepan atau 4 tahun untuk program khusus. Di masa ini kamu merasakan hal yang sama kayak milih jurusan kuliah. Menimang antara minat, bakat, dan peluang kerja ketika udah lulus nanti. See, udah mikir karir sejak lulus SMP!

2. Gak hanya kerja, kamu juga bisa berkarya.

Jika anak SMA belajar secara teoretik umum, SMK belajar berdasarkan kebutuhan teknis-praktis dengan pendekatan pada kenyataan, kasus dan penyelesaian. Konsep ini membiasakan kamu berpikir kreatif dan menciptakan hal-hal baru pada saat praktikum.

3. Magang di dunia industri.

Sebagai siswa SMK kamu wajib menjalani magang di dunia industri atau usaha yang relevan dengan jurusanmu untuk satu semester. Tak jarang, kamu harus pergi ke luar kota dan ngekost. Otomatis kamu harus jauh dengan keluarga dan pacarmu selama masa magang.

Jauh dari orang-orang terdekat dan perlakuan di tempat magang yang nggak membedakan antara kamu dan pegawai lain sedikit-banyak membuatmu merasa tertekan. Ditambah bayang-bayang Laporan Magang dan presentasinya yang menunggu, kamu bisa kelabakan.

4. Kamu adalah manusia-manusia “Dual Degree”.

Kuliah atau kerja? Keduanya oke-oke aja. Dengan bekal materi terfokus dan keahlian khusus kamu merasa lebih siap untuk menghadapi dunia kerja dan menjalani karir. Materi yang kamu dapat pun cukup sebagai bekal untuk melanjutkan ke jenjang kuliah. Jika mau melanjutkan kuliah pada jurusan sebidang, itu poin tambah buat kamu. Kamu gak perlu belajar dari nol lagi.

5. Bisa punya sertifikat setara Diploma.

Setelah menerima ijazah dan didalamnya ada sertifikat profesi dari BNSP yang dapat disetarakan dengan D1, kamu lebih mantap untuk menjajaki karir. Akhirnya perjuanganmu melewati Ujian Nasional Praktik tidak sia-sia. Kamu gak perlu ambil program profesi setahun seperti yang dilakukan anak SMA!

6. Pilih IPA atau IPS? Lebih Fleksibel!

Memilih sekolah di SMK ternyata memberimu lahan lebih luas untuk memilih jurusan saat kuliah, khususnya SMK Teknologi, Kesehatan dan Pertanian. Karena ketika mendaftar SNMPTN, akan dikelompokkan pada IPC. Hal ini tentu juga menguntungkan bukan?

Sumber: Hipwee.com

Berikan Komentar